Tips Memberi Kritikan yang Efektif - findoGOblog
Headlines News :
Home » » Tips Memberi Kritikan yang Efektif

Tips Memberi Kritikan yang Efektif

Written By Yuda Findo Prastiwa on Sabtu, 19 Mei 2012 | 08.59

Karena Saya suka mengkritik, makannya Saya mencari solusinya. Dan Dalam posting ini, Kita akan mencoba sama-sama belajar untuk menghindari masalah tentang bagaimana kita dapat memberikan kritik yang efektif.

Mengkritik secepatnya



Hal ini awalnya mungkin terdengar agak aneh. Kita tahu bahwa kritik dapat mengakibatkan masalah, jadi mengapa maka kita harus secepatnya memberi mengkritik?



Nah ini, karena kritik sama seperti pujian. Pujian paling efektif jika disampaikan dekat dengan kejadian tersebut. Semakin awal kritik disampaikan, akan semakin efektif.



Penting untuk diingat untuk memisahkan emosi dari kritikan Anda dan memberikan kritik yang membangun untuk orang lain. Juga, ingat! untuk tidak mengkritik siapa pun di depan orang lain yang tidak mengetahui permasalahan Anda.



Mengontrol diri, Kritikan Anda harus lebih spesifik



Metode lain yang direkomendasikan dalam memberikan kritik yang efektif adalah untuk lebih spesifik.



Ketika Anda menjadi lebih spesifik, kritikan Anda secara alami akan menjadi lebih obyektif dan berkurangnya emosional. Hasilnya kata-kata menjadi lebih spesifik, singkat, padat, dan tidak menimbilkan kalimat "kotor" yang dapat terjadi akibat Anda tidak dapat mengontrol diri.



Harus Sesuai dengan Fakta

Aku mungkin salah, tapi mari kita periksa fakta-faktanya



Bila Anda mengkritik atau menuduh seseorang tentang sesuatu, penting bahwa Anda yakin dengan apa yang Anda bicarakan. Mungkin ada situasi di mana Anda mungkin tidak menyadari karena diri tidak kontrol.



Sebaiknya, Anda mengizinkan dan memberikan orang lain kesempatan untuk menjelaskan permasalahannya.



Ketika seseorang sedang mencoba untuk menjelaskan situasinya, bahasa tubuh Anda juga harus mencerminkan sikap terbuka terhadap penjelasan nya. Dari sini permasalahan akan menemukan jalan keluarnya.



Tetaplah Berfikir Positif



Ketika Anda harus mengkritik, cobalah untuk fokus pada hal-hal positif.



Sebelum Anda mengkritik, cobalah langkah sederhana ini:



Pikirkan bagian positif mengenai hal di mana Anda berniat untuk mengkritik sebelum Anda benar-benar mengungkapkannya. Anda akan menyadari, sering kali ada begitu banyak kebaikan yang terlewatkan.



Kesimpulannya, jika Anda harus mengkritik, berikan kritikan yang membangun dan efektif. Memberikan kritik yang membangun membantu untuk meningkatkan orang lain. Dengan kata lain Anda memberikan tanggapan yang berharga yang membantu orang lain untuk memperbaikinya.

Jangan lupa untuk memikirkan perasaan orang lain dalam semua urusan dan menyebarkan hal positif dimanapun Anda berada.(o_O)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. findoGOblog - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template